Friday, April 3, 2009

April Mop Tahun Ini


Setiap 1 April, sejumlah media di luar negeri biasa menyajikan berita sensasional tapi bohong. Rabu (1/4) kemarin bukan kekecualian tradisi yang disebut April Mop itu. Berikut daftar berita lelucon itu.

Stadion Bergengsi Australia Diberi Nama Berbau Asia
Situs Internet harian Herald Sun menulis bahwa stadion bergengsi berkapasitas 100 ribu tempat duduk di Australia, Melbourne Cricket Ground, akan diberi nama "Stadion Mekong".


Berita itu, yang mengutip juru bicara bernama April Fulton, memancing kemarahan para pembaca karena masih "panas" akibat pengambilalihan sejumlah perusahaan tambang Australia oleh Cina. Salah satu yang memprotes mengatakan, "Sudah, beri saja seluruh negeri ini kepada orang-orang Asia."

Concorde Bakal Terbang Lagi
Pesawat penumpang supersonik satu-satunya yang pernah beroperasi, Concorde, diberitakan akan terbang selama dua jam pada Juni mendatang setelah sejak 2003 tidak satupun yang tinggal landas. Pengumuman ini ditempel oleh Museum Angkasa dan Antariksa Prancis.

Tentu saja kabar ini hanya April Mop karena, menurut Direktur museum, Gerard Feldzer, penerbangan semacam itu butuh duit tidak sedikit. Mencapai dua juta euro (Rp 30,4 miliar).

Pemimpin Madagaskar Kembali Jadi DJ
Harian Kenya, Daily Metro, mengabarkan bahwa Andry Rajoelina, pemimpin Madagaskar setelah berhasil menggulingkan Presiden Marc Ravalomanana lewat kudeta, akan kembali ke dunia lama sebelum politik: menjadi DJ.

Rajoelina, yang baru berusia 34 tahun, diberitakan akan tampil di kawasan wisata Kenya, Malindi, dan bakal membawakan lagu-lagu "Rastamanana" yang menjadi ciri khasnya.

Berita itu disertai foto Rajoelina menggunakan headphone--sebaimana laiknya DJ--dan tentu saja ini berita bohong. Rajoelina masih sibuk melakukan konsolidasi politik, tidak akan sempat naik pentas lagi.

Koran Bergengsi Inggris Jadi Media Online
Koran bergengsi Inggris, The Guardian, mengumumkan berhenti mencetak koran dan bakal menjadi media online yang hanya bisa diakses via situs sosial Twitter.

Media berusia 188 tahun itu juga memberi contoh bagaimana kejadian bakal diberitakan. Misalnya saja saat Churcill memberi pidato pada 1940.

Beritanya akan seperti ini: W Churcill SEDANG berpidato--"Kita akan bertempur biarpun di pesisir. Kita tak akan pernah menyerah"--lihat selengkapnya di YouTube.

Iklan di Uang Kertas
Portal berita Latvia, Delfi, memberitakan bahwa pemerintah mereka mengumumkan bahwa uang kertas bakal menjadi media iklan. Siapapun, yang membayar, bisa memasang iklan di uang kertas untuk menambah pemasukan negara di masa sulit.

Angela Merkel Hamil
Radio Jerman, FFH, mengumumkan bahwa pemimpin negara mereka, Kanselir Angela Merkel, sedang hamil. Kanselir berusia 54 tahun yang tidak memiliki anak itu sebelumnya selalu menyatakan "terlalu sibuk" untuk memulai sebuah keluarga. Sejumlah pendengar sempat menelpon stasiun radio untuk memberi selamat kepada Merkel yang sedang berada di London

Seja o primeiro a comentar

Post a Comment

J Notes © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO